Postingan

Sumber: http://www.risalahislam.com/2013/10/pengertian-tahayul-bidah-dan-khurafat.html?m=1

Tahayul, Bid'ah, dan Khurafat (TBC) adalah "tiga sekawan kebatilan" yang masih hidup di kalangan umat Islam. Islam melarang ketiganya. Berikut ini  Pengertian Tahayul, Bid'ah, dan Khurafat yang diolah  Risalah Islam  dari berbagai sumber terpercaya. PENGERTIAN TAHAYUL Ada kepercayaan yang sampai kini masih melekat dalam diri sebagian umat Islam di tanah air tentang bulan Safar, yaitu bahwa bulan Safar adalah bulan naas, bulan yang penuh kesialan. Alasannya, kata Safar berarti sejenis penyakit di dalam perut, berbentuk ulat besar yang dapat membunuh. Kepercayaan ini sebenarnya sudah ada sejak zaman Jahiliyah. Ketika itu mereka menganggap bulan Safar sebagai bulan yang sarat dengan kejelekan. Di samping itu, mereka juga menganggap Rabu sebagai hari nahas, terlebih Rabu terakhir setiap bulan. Kepercayaan atau tahayul ini sebenarnya sudah dihilangkan oleh Islam. Rosulullah pernah berdebat dengan orang Badui. “Tidak ada penyakit menular dan tidak ada kepercayaan pada tahay...

Kuliah PPIMK AF VI FU IAIN Pdg, 15 Jum 2015

Gambar

Genealogi Intelektual, Perjuangan Agus Salim dan Pemikiran Gendernya pada 1924-1930

Gambar
Ilustri : Tahun 2013 Tim Transformasi IAIN-UIN IB Padang minta dukungan Wapres ke 10 dan 12 Dr. (HC) M. Jusuf Kalla di Istana Wapres. Kiri ke kanan Maidir, JK, Makmur, Shofwan dan Syafruddin. (Dok Pri)  Genealogi Intelektual, perjuangan Agus Salim dan Pemikiran Gendernya pada 1924-1930  Oleh shofwan karim,   Dr., M.A.  (UIN Syahid Jakarta, 2008  &  IAIN Syahid Jakarta, 1991  ).   Drs., B.A.  (IAIN IB Padang, 1982, 1976). Dosen Mata Kuliah  Pemikiran Moderen dalam Islam (PMDI) IAIN IB Padang.  Abstract Agus Salim was told by Soekarno as a grand old man of Indonesian leaders. He has involved actively in mainstream of movement to gain Indonesian naIonalism and independence. He entered and came to the top leaders of Syarikat Islam and lately Penyadar Party. AJer independence of Indonesia for the first era he has been sited as Indonesian foreign minister and in 1950s he was acIvely becomes Muslim scholar who...

KONFLIK-PEMIKIRAN DAN INTEGRASI-SINERJIK ULAMA MINANGKABAU 1903-1937 M

Gambar
KONFLIK-PEMIKIRAN DAN INTEGRASI-SINERJIK ULAMA MINANGKABAU 1903-1937 M Oleh   H. Shofwan Karim I. PENDAHULUAN Islam   masuk ke Minangkabau melalui beberapa periode [1] dan sejak   abad   ke-15 M. proses islamisasi itu   tidak   pernah   lagi berhenti.   Kontinuitas   dan perubahan ( Continuity   and   Change ) dalam   transformasi dan corak islamisasi masyarakat   Minangkabau di awal abad ke-20, seperti awal abad sebelumnya,    dikendalikan oleh   kaum ulama. Secara relatif untuk hal-hal   tertentu   mereka tetap   dipengaruhi   intelektual Timur   Tengah   dalam   meneruskan misinya.    Di   dalam   perkembangan selanjutnya   kaum   ulama   itu terpilah   kepada   dua faksi. Mereka   yang   tetap   mempertahankan tradisi-tradisi   yang ada dan menjaga kemapanan dan mereka ...